Kamis, 05 September 2013

1 BUKU 2 KERTAS


Di saat temen-temen se-angkat-an  SMA gue lagi pada sibuk, ada yang lagi sibuk gara-gara baru jadi maha siswa, ada juga yang lagi sibuk sama pekerjaanyalah, dan lainya yang gue enggak tau. Entah sekarang gue lagi apa?
Malam, sekitar jam setengah sebelasan, gue sms Aji , ngajakin dia buat besok mencari lowongan pekerjaan di kota, yang kalo gue mikir keras, emang ada perusahaan yang mau nerima gue!!
Karena emang rencananya besok mau ke kota, sekalian juga gue mau ngampirin buku MANUSIA SETENGAH SALMON tulisanya RADITYA DIKA, yang kemaren pacar gue uda ngebeliin bukunya buat gue.
Iya, meskipun sebenernya buku ini emang uda lama di terbitanya, kalau gak salah  sekitar  awal Januari 2011. Penting, paling enggak gue bisa ketemu sama pacar gue yang akhir-akhir ini lumayan kurang harmonis.
Paginya, Alarm gue berbunyi dari tengah pintu ‘BANGUUUNNN,,,,!! KATANYA MAU KE KOTAAA??!!’  suara teriakan umi yang ngebangunin gue. Tiap pagi emang selalu gitu, umi gue selalu teriak-teriak buat ngebangunin kebo spesies baru seperti gue ini. Pikiran gue, dari pada entar teriakanya tambah keras, mending gue bangun dan pindah ke kamar Umi untuk tidur lagi.
Belum nyampai setengah jam gue merem, Umi gue udah teriak-teriak lagi ‘INI ADA AJI RIEEFFF,,!!!’ sambil maksa-maksa gue untuk bangun.
Gue bangun nemuin Aji, lalu  nyuruh dia buat masuk ke kamar gue. Karena  dalam kamar cuman gue sama Aji, gue takut kalo tiba-tiba si Aji sodomi gue secara paksa, gue tinggal tidur lagi ‘INI HAPE GUE KALO MAU FACEBOOKAN, GRATISS’ mencoba ngalihin pikiran si Aji.
SINGKAT CERITA,
Setelah berkas-berkas surat lamaran pekerjaan kelar, gue berangkat ke kota sekitar jam setengah dua siang. Rencana gue pertama emang nyamperin pacar gue, ngambil buku manusia setengah salmonya, baru ngasih surat lamaran pekerjaanya. Karena emang jarak antar kampus pacar gue sama tempat yang bakalan gue kasih lamaran pekerjaan itu lumayan jauh.
Karena tadi sebelumya pacar gue uda gue SMS  suruh nungguin gitu di masjid, pas nyampe di area masjid, gue lihat kanan kiri depan belakang, pacar gue ternyata kagak ada, yang ada cuman mirip pacar gue.
Gue coba pinjem hapenya Aji ‘ HP kamu mana? Gue pinjem, pulsaku abis’  sebenernya pulsa gue masih ada cuman nanggung tinggal Rp, 1920. Dengan muka marah gue, gue coba telpon dia. Tiba-tiba terdengar suara cewek yang ngomong,  tapi bukan suara pacar gue. Gue dengerin dengan jelas, gue inget-inget dengan pasti, Aji langsung narik maksa HPnya ‘INI SUARA OPERATOR, BEGO!!’
Setelah gue hubungi sampai lima kali, dan masih yang ngangkat teleponya bukan pacar gue tapi operator. Gue maksa Aji untuk cabut dari kawasan masjid ‘Tinggalin Tempai Ini’ dengan suara gue yang agak keras sambil marah.
Gue keluar dari Area Masjid menuju tempat yang bakalan gue kasih lamaran pekerjaan ini. Tiba-tiba Aji ngomong sama gue ‘ini pacar kamu sms?’ suara lirih terkena angin.
 ‘SMS GIMANA?’ jawab gue dengan nada yang agak keras,
Aji membaca sms dari dia lagi ‘dia minta map, katanya ada gangguan teknis dan dia sekarang uda di masjid’
Sangking marahnya, gue suruh Aji buat ngebales ‘bilang, aku uda pulang gitu’
Lalu hening lama
Setelah gue mikir, gue ngajakin Aji lagi buat balik ke kampus ‘ayo balik lagi, bilang aku ke mau ke masjid’ coba balik arah.
 Kurang lebih dua menitan, najib ngomong dengan suara lirihnya ‘dia uda masuk kuliah.’
Ketika gue denger Aji bilang gitu, gue semakin gedek aja sama dia ( batin : BENERAN,  INI ADALAH HARI TERSIAL, KAMPRET ). Gue lalu muter balik lagi menuju tempat yang bakal gue datangi selanjutnya.
 Mencoba meeredahkan amarah, sekarang gue nyampai di salah satu Mall. Gue masuk buat nemuin temen gue dan ngasih Surat lamaran Pekerjaan ini ke temen gue.
Berhubung lagi ada di dalam mall, sekalian gue masuk ke Gramedia buat ngecari Novel-novelnya Raditya dika. Rencananya  sih gue mau cari Manusia Setengah salmon, ehh malah ketemunya malah Cinta Dalam Kardus. Pengenya mau gue beli ini buku, tapi pas ngelihat dompet ‘kampreet, duit gue tinggal segini (Rp 15.300)’ dan akhirnya gue ga jadi beli.
‘Ji, bilang sama si Anu uda selesai belum?’ Gue suruh Aji untuk SMS pacar gue lagi. enggak nyampe semenit, Aji teriak-teriak dari belakang ‘katanya si Anu, si Anu uda selesai ‘
Ini kalo ada yang denger pembicaraan gue sama si Aji, di kira lagi bicara sama alat kelamin yang lagi ingin ngeluarin sesuatu.
‘suruh dia nunggu di masjid’ gue nyuruh Aji untuk ngebales smsnya.
Gue balik lagi menuju kampus pacar gue untuk yang ketiga kalinya.
Sesampainya di masjid, ternyata pacar gue uda di sana sama temenya. Dia masang muka bersalah karna kejadian tadi, dan  mungkin hubungan gue sama dia lagi kurang harmonis. Gue paham dari matanya yang menunjukan rasa bersalah.
‘Tadi uda kesini?’ dia ngomong dengan suara yang lirih.
gue jawab ‘iya,’ dengan senyum maksa gue.
‘mana, sini masukin tas’  gue lanjutin omongan gue.
Dia menghampiri gue, lalu dia ngemasukin buku yang di tutup dengan kertas kado yang sebenernya gue uda tahu kalo itu Novel Manusia Setengah Salmon.
Karena waktunya juga uda cukup malem, gue juga uda capek. Gue pamit sama dia ‘aku pulang dulu yah?’
Tiba-tiba temen dia gue lihat bisik-bisik sama dia ‘uda cepetan ngomong’ dengan suara yang agak kedengaran.
‘ngomong apaan? Suruh nganterun kamu?’ saut gue duluan omonganya.
Dengan wajah bersalahnya,  dia mendekati  gue dan bilang  ‘maaaf…??’  
Gue cuman bilang ‘iyaa..’ sambil senyum.
‘udah?’ sambung gue lagi.
Dia mengangguk sambil bilang ‘uda..’ yang amat lirih.
Ketika denger  dia ngomong ‘uda..’ dengan wajah bersalahnya, Beneran ini  emosi gue  tiba-tiba  jadi hilang dan menjadi luluh.  kayak ada api di dalam baju gue kemudian di siram sama seember  es teh.
Gue pulang dengan hati yang lumayan dinging a seperti kemaren, mungkin gara-gara ngelihat wajah dia itu mungkin.
Di tengah perjalanan, gue berhenti di masjid untuk sholat isyak. sambil beristirahat di masjid, gue penasaran sama novel tadi, Kenapa di bungkus dengan kertas kado. Penasaran gue bertambah tinggi, gue coba sobek aja kertas kadonya. Ternyata tebakaan ku benar, tidak Cuma novel aja dalamya,ternyata ada dua lembar kertas kecil yang uda di tulis tangan di tempelkan di cover bukunya.
Kertas yang pertama itu tulisanya seperti ini,

Kembangkan bakat dan minatmu.. Cobalah terus janagan menyerah dan janganberhenti untuk berjuang..!!
Raihlah Asamu Beeb…
Selamat Membaca

Kertas yang kedua itu tulisanya seperti ini,

Ku sesali yang terjadi
Bukan maksud hati
Tuk sakiti dirimu
Ku tau kau pasti tertekan atas apa inginku
Maafkan aku saying
Ku tahu ku salah
Ku tahu ku bodoh
Ku hanya besarkan egoku
Maaf, ku tak mampu menahan
Dengarlah saying
Ku sangat menyayangimu
Setulus hati dan jiwaku
*hehe dampak galau jadi sok puitis


Haha mungkin itu salah satu kata-kata terlebay dari yang sering dibuat kebo. Tisu mana tisu haha, ini kenapa gue jadi Benci gini. Tapi beneran Setelah gue baca tulisan tadi, rasanya gak kayak kemaren ( haha lebay ), yah lumayan nyadarin guelah, betapa harus menghargai orang lain. Jangan-jangan yang tadi gue baca itu mantra untuk memperbaiki hubungan yang kurang harmonis. Buat kalian yang hubunganya lagi kurang harmonis, bisa di coba mantra tadi, siapa tau manjur haha.



Makasih, otomatis elu uda nyuruh gue buat baca salah satu bukunya Bang Raditya Dika ini. Yaa meskipun dapet bukunya telat, penting punyalah. 
*narik selimut* selamat tidur.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar