Minggu, 08 September 2013

Tidak Indah


Kalo sebelumnya gue pernah nulis tentang cerita gue mulai ada rasa sama indah.  Sekarang gue bakalan nulis tentang kenapa gue bisa hilang rasa sama si indah. buat kalian yang suka cerita sedih-sedih, gue saranin kalian buat nyiapin  satu pack tisu. Karena cerita gue ini bakalan sedikit menguras air mata kalian.

Ceritanya itu gini, pas kemaren gue nganterin indah pulang kerumahnya.  Gue sama indah di suruh sama ketua penyelenggaranya  buat nyari  anak yang bakalan ikut tes  SBMPTN (tes tertulis untuk masuk ke perguruan tinggi ). Yang mau ikut semuanya bakalan di biayain sama LSM BPUN, alias gratis. Nah, setelah   gue sama indah mikir. Gue uda ada pandangan temen yang bakalan gue ajak. Pertama ada luluk, terus mida, dan terakhir leyli. Okay karena gue uda punya pandangan orang yang bakalan gue ajak. Giliran gue nanya sama indah, “siapa yang bakalan kamu ajak?”
 indah  ngejawab “ ada sih rief, si jono katanya kemaren aku kabarin, dianya mau ikut”.
Sebenernya si jono ini adalah temen sekolah dari SD sampai lulus SMP.  Gue sama jono mungkin bisa di bilang temen deket bahkan sahabat. Yah meskipun sekarang-sekarang jarang ketemu, tapi kalo uda ketemu yah biasa selazimnya orang yang jarang ketemu langsung cipika cipiki.
Abis gue sama indah uda nemu orang yang bakalan di ajak ke pesantren.  Gue sama indah punya rencana buat langsung nyamperin  kerumahnya luluk. Karena emang rumahnya indah sama luluk itu satu kompliks, jadi enggak jauh-jauh amat buat nyamperinya.
“hayook kerumahnya luluk sekalian aja ndah, coba ngomong, sapa tau aja dia mau kita ajak.”  nanya gue sama indah sambil ngabisin makanan yang ada di atas meja. “hayook…bentar, aku masuk dulu.” Indah  jalan masuk kedalam rumah.

Beberapa menit kemudian indah keluar dari dalam.

“abisin dulu minumnya rief?” sambil benerin hijabnya yang sedikit berantakan.
“iya, ini aku abisin.” Karena cuacanya juga cukup panas, jadi gue abisin dua botol air mineral dingin ukuran satu liter.
Disinalah hati gue berbunga-bunga lagi sama indah . yaudah, setalah indah selesai beneren rambutnya yang sedikit lama, kira-kira 30 menitan dan gue juga uda ngehabisin hampir 5 liter ( nambah). Gue sama indah langsung goes kerumahnya si luluk.
Gue jalan sama si indah tanpa  ngomong satu kata pun, gatau kenapa. Kalau gue tebak sih ini gue kekenyangan minum air  lima liter tadi haha.
Okay nyampai di rumahnya si luluk,  disana udah ada dua temen gue yang tadi uda gue suruh untuk kerumahnya si  luluk duluan. Gue ngejelasin sama si luluk dan midah kalo bimbel BPUN sedang mencari anak lagi yang ikut tes SBMPTN  untuk masuk ke dalam grub BPUN. Kalian bakal di biayain hidup kalian selama bimbel tersebut. Dari mulai makan, minum, mandi, PUP semuanya bakalan di tanggung oleh BPUN. Iya enggak tau kenapa, mungkin emang dari dasar pikiranya mereka berdua yang ga bisa di masukin air. Mau tau jawaban mereka berdua apaan setelah gue muluk-muluk cerita tentang bimbel tersebut. “ terus ntar tidurnya gimana? Makanya gimana?”
Beneran gue gedek banget ketika denger mereka ngomong gitu, rasanya pengen gue  kasih geranat satu-satu di tengah mereka. Terus dari tadi gue cerita tentang bimbel lo dengerin kemana TOOLLOOLL !!

Gue masih dengan bercerita tentang bimbel tersebut, tiba-tiba ada suara bell motor lewat dan motor tersebut berhenti di samping rumah luluk. Gue langsung lihat siapa orang itu. Setelah gue perhatiin dengan detail orang tadi, “oh orang itu toh” seinget gue sih gue pernah ngelihat ini orang, meskipun sedikit-demi sedikit gue coba nginget kembali sih siapa ini orang.
Kembali ke perayuan gue sama si luluk dan middah.
Setelah gue muluk-muluk coba ngejelasin lagi tentang  bimbel, sedikit demi sedikit luluk uda mulai kebuka hatinya, “Piye luk, meh melu po orak?” si midah nanya sama luluk dalam bahasa jawa.
“mengko jall tak takon karo simbah?” jawab luluk dengan pasang muka bingung.

Gue coba ngomong bijaksana sama mereka “yaudah, terserah kamu aja mau ikut apa enggak, sebagai temen gue cuman mau berbagi aja, kalo ada yang gratis kenapa enggak (maklum gue sukanya yang gratissan), semua terserah sama kalian, yaudah sekarang beliin gue rokok GU**NG GA**M ini duitnya (ngacungin tiga lembar uang seribuan sama dua uang koin lima ratusan).”

Lima belas menit kemudian……

Luluk pulang dari warung sambil bawa minuman dan beberapa batang rokok  yang tadi uda gue suruh.
 “thanks luk.” Terimaksih gue sama luluk.
“yupss” kata luluk sambil minum es yang tadi uda di belinya.

Eettt…hamper lupa sama indah, dari tadi enggak gue tanya sama sekali. Dari raut wajahnya sih indah kayak ngambek sama gue. Yaudah gue coba nanya halus-halus sama indah  “ini minum dulu ndah (ngacungin minuman)?”  
Ya ampunn ternyata indahnya lagi ngelamun, nyesel gue ngomong halus sama dia, indahnya juga kayaknya enggak denger.
“(kaget kecil) oh iya makasih rif?”  kampreettt beneran dia enggak denger.

Tapi enggak lama kemudian orang yang tadi nyalain bell motor dan berhenti di samping rumah luluk. Tiba-tiba mendekat kerumahnya luluk. Pikiran gue (mau ngapain ini kambing bandot yang baru cobot giginya  kemari). 

Kambing bandot pun tiba-tiba ngomong di depan temen-temen gue “mau nerusin kemana ini?”, gue mikir (beneran sok coll ini orang). Lalu tiba-tiba ajah indah  ngejawab “belum tau ini mas.”  Dalam satu sisi ada baiknya juga sih indah  ngejawab gitu. Tapi sisi buruknya itu gatau kenapa ada perasaan yang aneh gitu sama indah, yah jujur  kayak orang cemburu gitu.
Malahan yang lebih horornya lagi, ini kambing bandot sok akrab banget sama indah. pake ngomong-ngomong cuman berduan ajah.  Beneran ini rasanya kayak gelas di banting di atas kepala gue, terus pecahanya di tusuk-tusukin di dalam dada gue. Cekit –cekit sakit banget. Pikiran gue, yaudah positif thingking aja, ehh sapa tau meraka  memang uda saling mengenal dan sudah akrab.
Dari pada gue ngelihat mereka berdua berdua-duaan terus, yang kalo  gue lihat mereka berdua kayak mau ngelmpar geranat. Gue lanjutin lagi perayuan gue sama luluk.
Posisi gue sedikit menjauh dari si kambing bandot dan ngomong sama luluk.
“ehh…laiyli  juga kasih tau luk, kalau dia bakalan di ajakin bimbel BPUN”
“IYA..IYA” jawab luluk  dengan nada cuek.

Gue membuka tas gue dan ngambil laptop gue yang ada di dalam tas. Lalu gue nyalain power on nya “aku punya film lucu ini mid” biar mereka sedikit terhibur ga terlalu berfikir ke  bimbel aja.
Sambil gue utak utek mencari file film nya, gue sempetin ngelirik si kamprett kambing bandot tadi. Anjriitt.. beneran itu si kambing bandot enggak tau diri, bukanya tambah loyo ngobrolnya sama indah. ehhh gue liatin malah mereka berdua tambah asik aja ngobrolnya.
“hoy mana film nya !!” teriakan mida ngagetin gue.
“bentar kamprett, ini gue lagi cariin” utak utek ngecari filmyang bakalan gue tontonin ke mereka berdua.

Sebenernya mereka bakalan gue tontonin film barat yang sedikit ada semi seminya gitum taoi gue masih tau diri. Gue kana cowok baik-baik hahaa
Setelah perjuangan yang sedikit panjang, pilihan gue pun muncul pada salah satu film idola gue BANG RADITYA DIKA yaitu KAMBING JANTAN.  Dari wajah mereka yang sedikit ingusan, kelihatanya mereka belum pernah ngelihat film ini.
“film baru ini rief”  tanya mida. benerkan apa gue bilang, belum ada satu menit uda nanya gitu.emang dasar anak ingusan haha
“enggak, ini film dulu, malahan dulu sebelum Indonesia merdeka” sambil ketawa sama si mida.

Kira-kira flmnya baru mulai seperempatan menit….

Tiba-tiba si kambing bandot sama indah berdiri, piker gue mau ngapain ini mereka berdua, apa mungkin mereka berdua bakalan nari harlem shake atau gangnam style, terus tiba-tiba gue dan temen-temen gue ikutan  nari. Enggak mungkin segitunya juga si kambing bandot. Ehh, kalo si kambing bandot sih mungkin juga hehee

Ternyata tebakan gue tadi itu salah semua, indah malah nyamperin gue sambil ngasih tanganya buat salaman sama gue “aku pergi dulu ya rief”

Jenng..jenng ( song effek) “emang mau kemana kamu ndah?” tanya gue dengan sedikit panik.
“aku mau kerumah nenek dulu sama mas ini, makasih yah tadi uda ngnterin aku pulang”  jawab indah sambil menuju ke motor si kambing bandot.
“makasih semuanya” kata indah sambil melambaikan tangan kearah gue dan teman-temen.

Ngelihat  indah boncengan sama si kambing bandot, Gue shock berat. Tiga  detik kemudian gue pingsan selama dua detik.

Okay fine, gue diem sejenak  dengan  pura-pura enggak terjadi apa sama gue (jujur, padahal nyesek banget ini hati). Lalu gue sadar kembali, “okay gimana filmnya” gue coba mengalihkan perhatian sama semuanya.
“ngebosenin banget ini “ mida ngeluh duluan.
Dalam hati gue cuma berteriak “ KAMPREETTT INI CEWEK, NYESEL GUE TONTONIN !!!”
Makin lama makin lama, gue ampe lupa sama indah yang tadi di boncengin sama kambing bandot. Iya meskipun sedikit sakit hati (biar kelihtan penulis beneran) , gue masih mencoba ngerelain itu semua. Sapa tau nanti ada hikmahnya di balik ini semua. Yeeeeee (suara tepuk tangan).

Berhubung tadi mida ngeluh duluan kemudian di susul sama luluk yang tiba-tiba ikut ngeluh juga gara-gara-gara gue tontonin film KAMBING JANTAN. Gue ganti film nya yang sedikit agak horror, DOKUMENTER MASA SEKOLAH (bagi gue film documenter zaman sekolah itu beneran ancur, dari segi artistiknya, pemeranya, tata cahayanya, editanya ancur banget. Itu semua gara-gara produsernya yang sedikit bego, yaitu gue).

Karena  sebenernya  film dokumenternya belum selesai 100%, jadi gue tontonin aja sebagian yang uda  selesai.  Gue cuman bengong lama ketika ngelihat si mida sama si luluk ketika gue tontonin video yang menayangkan foto-foto zaman masuk sekolah dulu. Muka mereka berdua   kayak orang baru ngelihat tai anjing bakar yang  atas di kasih toping keju sama buah cerry. 

Mida pertama yang nyolot “beneran ini foto aku?” Gilak, emang poto emak lo mau  gue tempel di video documenter.
“iya, beneran” jawab omongan mida tadi.

Lain sama luluk, dia malah senyum-senyum sendiri kayak orang LDR yang baru ketemu pacarnya. Tiba-tiba “HAA..HAA..HAA…”  si luluk  ketawa keras banget. Gue cuman senyum aneh  aja sama mereka berdua “hee”

Sepuluh menit kemudian, gue ngelihat mida sama luluk semakin parah, kalo gak di udahin takut kalo nantinya malah ketawanya semakin kera,  Gue stopin aja vidionya. Gue lalu keluar dari rumahnya luluk dan berhenti di halaman rumahnya “ (ngelihat ke atas) mendung  ini zid, kayaknya mau turun hujan” tanya gue sama nazid.
Lukman sama nazid coba keluar buat ngeyakinin diri “oh iya bakalan hujan gede kayaknya ini” kata nazid.
Lalu lukman ngajakin pulang, mungkin karena rumahnya luluk yang letaknya di tengah sawah “hayok pulang?”

Keputusan  gue, nazid,dan lukman sepakat pulang waktu juga.  Setelah gue tanya keputusan akhir, mereka berdua senin bakalan berangkat ikutan bimbel bareng kami.
 Lalu gue pulang.
 setelah nyampai dirumah beneran ternyata ga lama kemudian turun hujan yang lumayan gede.

***


Esoknya gue sms indah, pikiran gue sih mau ngajak berangkat bareng ke bimbelnya.

Gue : kamu berangkat kapan?
Indah : belum tau.
Gue : berangkat senin aja gimana?
Indah : iya coba lihat situasi dan kondisi.
(hening lama)

Gue coba sms indah lagi, biar hape gue enggak kelihatan kayak kuburan keramat.

Gue : kamu jadi ngajak jono?
Indah : katanya mau ikut, tapi belum tau juga.
Gue : jono mau berangkat kapan?
Abis itu uda gak ada balesan.


sms gue udahin, karena emang kalo tiap sms sama indah itu ujung-ujungnya  ngebetein.

Hari seninya, semua yang ikut bimbel masuk lagu ke asrama  (pesantren). Tapi karena gue adalah salah satu orang baik, jadi gue rencana mau berangkat hari selasa ajah yah itung-itung buat ngurangin jatah makan sama jatah tempat tidur. Kurang baik apa lagi coba gue hehe. Rencana itu pun berhasil, hari senin ketika gue mau berangkat ternyata paginya hujan gede yang membuat pikiran gue jadi kuat buat  berangkat hari senin.

Enggak lama kemudian hape gue bergetar, setelah gue lihat ternyata ada sms dari indah.  “berangkat kapan?” itu sms dari indah. 

hening beberapa saat, lalu gue mikir (apakah ini isarat dari indah buat dia ngajakin berangkat bareng).
Lalu gue bales sms indah “belum tahu ini” sambil berharap semoga indah ngajakin berangkat bareng sama gue. 
Setelah nunggu hampir  30 menit 25 detik balesan dari indah, ternyata balesan smsnya apa? “aku berangkat sekarang rief, ini lagi  di jalan.”

 Yahhhh……. Kampret….. ternyata tebakan gue salah, pagi itu indah uda berangkat duluan  dianter sama ibuknya naik motor. Yaudah “hati-hati di jalan” gue bales gitu ajah.
Karena hujan yang gak reda-reda , tetep gue putusin buat berangkat hari selasa. Yah, meskipun indahnya uda berangkat duluan dan rencana gue buat berangkat bareng sama indah gagal.

Hari selasanya gue jadi berangkat, meskipun enggak sama indah tapi setidaknya bisa berangkat bareng sama si najib ( sahabat laki-laki gue ). Tadinya rencananya  bakalan berangkat bareng  sama temen-temen biar keliatan rame gitu. Karena biasa masalah utama gue telat berangkat gara-gara boker terlalu lama, ya dah di tinggal sama mereka.

Sekitar jam setengah lima sore, gue sama najib nyampai di kompleks pesantren putri. Gue buka helm gue perlahan-lahan kayak iklan shampoo yang di peranin sama ello, biar keliatan sedikit cooll di depan cewek-cewek pesantren hehe. Tapi kalo di iklan  ello  itu bintangin iklanya sama cewek cantik  yang ranbutnya panjang hitam. nah ini gue  lawan mainya sama si najib, beneran  ngebayanginya aneh banget, udah gue lalu markirin motor. Gue langsung naik ke lantai atas kamar pesantren  putri buat naruh helm gue di kamar bimbel cewek. Berhubung kamar bimbel ceweknya itu di lantai tiga, jadi gue harus ngelewatin dulu kamar-kamar  pesantren putri  yang sejak pertama gue masuk ke kawasan ini berasa risih banget.

 Belum nyampai lantai dua,  tiba-tiba ada cewek make jilbab  yang ngehadang langkah  gue. Pikiran gue langsung kemana-mana. Beneran, gak ngebayangin kalo tiba-tiba ini cewek mukul gue, terus gue pingsan ga sadarkan diri. Kalian pernah nontonkan film-filmnya  yang ceritanya kegini. Pertama-tama si korbanya di hajar sampai pingsan, kalo uda pingsan terus dia apain? Bener di perkosa.  PLEASE… JANGAN RENGGUT KEHORMATAN GUE, GUE ENGGAK MAU DI PERKOSA DI TEMPAT INI !!

Lalu hening lama.

Tiba- tiba ada suara yang membuat lamunan gue hilang “Mas…Mas…”  kata si cewek yang ngedang gue. 
Dari suaranya ini kayaknya cewek  baik-baik, ga seperti apa yang tadi gue bayangin. “iya kenapa?” gue jawab sapaan cewek tadi. 

Ternyata bener,  ga seperti  yang gue bayangin tadi, ternyata ini cewek cuman mau bilang, “Mas..Mas dapet salam dari via”. Gue mikir lama lagi, mikir lagi, mikir lagi, sampai dua jam   gue mikir lagi, gue tetep enggak tau juga siapa itu via. Setelah lama banget gue mikir, udah gue tinggalin aja cewek tadi dengan akhiran senyum manis gue hee.

Gue naik lagi ke tangga  atas menuju kamar sanlat putri, pas nyampai di depan pintu kamar sanlat putri,  gue masuk sambil ngucapin salam sama  bidadari yang lagi di karantina,  “ HEY LADIES…?? ” sambil naruh helm gue.  Yang  gue lihat malah semua bidadari yang lagi di karantina tadi pada bengong gitu ngelihat  gue.  Gue malah berasa aneh gitu, Emang ada yang salah dengan gue? Gue lihat lagi, kenapa wajahnya pada aneh-aneh gitu sama gue. Beneran gue jadi takut. Dari pada nanti resikonya gede, yaudah gue cepetan aja keluar dari kamar sanlat putri.

Ketika gue uda ada di dalam kamar pesantren, ternyata penghuninya bertambah banyak (cep cep cep),  Gue cuman ngebatin “ gila ini bakalan lebih dari ikan asap ”. Dengan muka setengah males, gue masukkin aja semua barang-barang yang gue bawa dari rumah. “Gilaak… Kamar sepi kalo enggak ada kamu rief…” salah satu dari temen sanlat gue nanya, Gue jawab “ he..he..he..( sambil senyum )”.
Temen gue tadi nanya lagi “ hehe gimana dengan indah rief..sukseskah?”
gue balas  dengan senyuman manis gue, iya meskipun hati gue sebenernya mau bilang  gini (bener –bener sotoy banget ini anak, kalo bukan temen sekamar uda gue siram mulutnya pake kecap asin).

Sorenya abis dhuhur semua anak-anak ikutan acara ini (termasuk mida dan luluk) di kumpulkan di sebuah ruangan, semacam ruang kelas gitu (emang itu ruang kelas tolol..!!).  semua anak baru dan yang berangkat dulu, di beri pengarahan sama panitia acara ini. Dan dari semua anak-anak baru tadi, ternyata indah beneran ngajak Jono, “hahaa elu jadi ikutan acara ini jon?” mukul pundak jono.
 “ iya rief, indah tuh yang ngajakin gue kesini” jawab jono.

Bukanya dengerin omongan panitia yah sedang bicara di depan , gue sama jono malah cerita tentang perempuan, ujung-ujungnya juga si jono bahas tentang pacar. yang paling gue inget tentang omongan jono, ketika dia bilang “ mumpung masih muda, cari pacar yang banyak.”  ( Hati gue bilang : GILAK, CERDAS BANGET PIKIRANYA ). Gue mikir, kalo nanti gue punya pacar banyak,  contoh saja kalo gue punya sembilan orang cewek. Bukanya gue seneng karena pacar gue banyak, ujung-ujungnya  gue malah bingung ngatur waktu buat Sembilan cewek tersebut. Belum nanti kalo cewek pertama ngajak jalan, terus cewek yang kedua juga ngajak jalan dalam waktu yang bersamaan, masak tubuh gue yang kurus kering gini harus gue belah jadi dua. Si cewek pertama  dapet jatah kepala sampai perut, lalu cewek yang kedua dapet jatah dari perut sampai kaki. Dikiranya orang malah gue hantu mutilasi.

Karena gue tahu kalo jono akrab banget sama indah, gue sering nanya jono tentang indah. sampai suatu ketika, gue ngeberaniin nanya sama jono “jon, indah udah punya pacar belum?” tanya gue.
“enggak tau sih gue.”  Jono jawab dengan penuh ragu.
 Gue curiga ketika jono tidak tahu tentang hubungan asmaranya indah. Setahu gue, dulu waktu gue mampir di rumahnya  indah, dia pernah ngomong sama gue, kalo jono itu temen paling akrabnya. Itu gak mungkin kalo jono sampai enggak tahu.
Gue coba nanya lagi sama coba, siapa tahu aja dia ngasih tahu gue “ Beneran, lo enggak tahu siapa pacarnya indah? ” gue coba ngomong tegas sama dia.
Dia mikir agak lama, lalu  jawab “ Indah itu udah punya pacar, tapi pacarnya lagi sekolah di jurusan pelayaran.” 

Piiyyyaaarrrrrr……… (suara hati gue yang pecah berantakan ), seakan-akan  gue gapercaya kalo indah uda punya pacar. Gue sempet lemes beberapa menit ketika denger kalo indah udah punya pacar. gue coba nenangin diri gue, berjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak di inginkan dari gue sendiri. Tidak ada yang tahu, siapa tahu kalo gue enggak kuat nahan diri gue sendiri,  gue lari keluar dari kelas,  lalu terjun bebas dari lantai tiga BUUUKKK… ambulance datang.
Setelah jono bilang kalo indah udah punya pacar, gue tetep gapercaya sama dia, gue yakin kalo jono bohong. Kenyataanya, indah tetep curi-curi pandang sama gue, tiap gue ada di dekat dia. PE DE ABISSS…

Sampai suatu hari, ketika gue gedek banget sama jono. Gue inget banget,  waktu itu lagi ngerjain tugas bareng. Enggak tahu kenapa, setiap ada indah pasti disitu ada jono. Gue lalu mikir, apa mungkin dia ngebohongin gue, kalo indah uda punya pacar. Lalu pertanyaan keras muncul di hati gue, JANGAN-JANGAN DIA NAKSIR SAMA INDAH??.  Karena emang dulu jono pernah bilang sendiri, kalo punya pacar itu jangan cuman satu. lama kelamaan, gue lihat jono semakin dekat aja sama indah. enggak tahu kenapa, gue semakin gedek aja sama jono.karena apa, indah jadi sering ngeperhatiin jono dari pada gue.  ( hati gue : KAMPRETT.. SELAMA INI TERNYATA GUE MUSUH DALAM SELIMAT )

Semakin lama, gue juga ngerasa kalo selama ini gue lagi perang dingin sama sahabat gue sendiri. Karena  emang dari dulu kalo tiap gue naksir seseorang, lalu ada orang  yang sama-sama naksir sama orang yang gue taksir. Biasanya gue langsung mundur untuk mengalah sama lawan gue.  Bukanya gue cemen, tapi emang kenyataanya gue cemen kalo dalam urusan memperebutkan hati.  Begitu juga dengan indah, karena gue ngerasa jono juga naksir sama indah, jadi gue putusin untuk ngalah aja sama jono.

Karena  banyak temen  sekamar gue yang udah tahu kalo gue lagi naksir sama indah, Sampai-sampai ada temen gue yang ngebully  gue “ cieee… yang cemburu nih yee…”  gue cuman cuek, ketika temen gue teriak gitu. Gue coba ngelirik indah, tapi ternyata apa, kampreeett  dia cuek dan enggak peka sama sekali sama omongan temen gue tadi. Mulai saat itu juga, gue merasa kalo ternyata gue enggak ada tempat di hatinya dia. Mulai saat itu juga gue mencoba ngelupain harapan gue untuk jadi pacar gue. Dan mulai saat itu juga, tiap gue ketemu jono gue ngerasa dia adalah musuh paling sadis gue.

Kadang kita tidak pernah tahu, kalo orang yang selama ini selalu ada buat kita,  selalu memberi harapan positif buat kita, malah akan memberikan kita harapan palsu dan efek negative untuk  kita.
Dan terkadang kita harus mencoba menahan ego kita, agar ketika kita gagal menjalaninya kita tidak menyesal di akhir cerita.

.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar